FAQ

Apa itu DanaBagus?

DanaBagus adalah platform P2P lending yang fokus terhadap layanan biaya pendidikan kuliah dan biaya penunjang kuliah melalui proses online, mudah dan cepat agar dapat membantu meringankan beban keuangan peserta didik.

Pendanaan DanaBagus untuk siapa saja?

Mahasiswa yang masih aktif terlibat dalam kegiatan belajar di kampus yang sudah menjadi mitra DanaBagus.

Pendanaan Danabagus untuk apa saja?

Mencakup biaya kuliah, kebutuhan alat pendukung kuliah termasuk tempat tinggal. Pendanaan mulai dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp. 10 juta, dengan tenor 1 bulan sampai dengan 2 tahun. Syarat dan Ketentuan berlaku.

Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar dan mengajukan pendanaan?

- Identitas peminjam (KTP / KTM)
- Nomor Induk Mahasiswa (NIM)

Apakah ada biaya tambahan yang harus ditanggung oleh Mahasiswa?

Setiap pendanaan akan dikenai biaya admin sebanyak 1% dari total pinjaman.

Bagaimana cara mengajukan pendanaan?

Silahkan unduh aplikasi DanaBagus yang ada di google Play di Android. Kemudian setelah di unduh, mendaftar dengan mengisi semua pertanyaan dan dokumen yang diminta. Pendanaan baru bisa diajukan setelah mendaftar.

Berapa lama proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan pendanaan di Danabagus?

Proses persetujuan dilakukan secara langsung (realtime).

Bagaimana saya tahu apabila pengajuan pendanaan saya diterima atau ditolak?

Akan ada notifikasi di aplikasi DanaBagus dan email. Kemudian apabila pengajuan disetujui, maka dana akan langsung masuk ke rekening yang dituju. Apabila pengajuan ditolak, dalam waktu seminggu, dari aplikasi akan ada notifikasi dalam bentuk pertanyaan apakah pengajuan masih ingin dilanjutkan atau tidak.

Kapan pengembalikan pendanaan mulai dilakukan?

Pengembalian pendanaan mengikuti simulasi pembayaran sesuai dengan jadwal pengembalian yang dipilih ketika mengajukan.

Bagaimana cara membayar cicilan pendanaan?

Cicilian dibayar ke rekening akun virtual yang tertera pada aplikasi. Pengembalian bisa dilakukan melalui setor manual, ATM, internet banking. Setelah pembayaran dilakukan dan diterima oleh bank, maka akan ada notifikasi di aplikasi, email dan sms. Jumlah tagihan di aplikasi langsung berkurang secara otomatis.

Bagaimana DanaBagus mencegah agar pembayaran tidak terlambat?

DanaBagus akan membantu dengan memberikan pengingat di aplikasi sebelum cicilan jatuh tempo. Sesuai dengan peraturan OJK, penagihan dapat dilakukan Penyelenggara dengan menggunakan atau melibatkan jasa pihak lain di luar Penyelenggara.

Apa keuntungan apabila pinjaman dibayar lebih awal?

Pengembalian lebih awal tidak akan mengurangi jumlah pendanaan atau biaya administrasi. Pengembalian lebih awal memberikan kinerja yang baik, sehingga kedepan jika mengajukan pendanaan lagi, proses akan lebih cepat dan jumlah pendanaan akan lebih besar.

*DanaBagus Indonesia berhak menolak pengajuan pendanaan tanpa kewajiban untuk memberikan keterangan kepada yang mengajukan.

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi Kami >

    Perhatian :

  1. Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.
  2. Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.
  3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola, dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan, dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.
  4. Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.
  5. Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.
  6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.
  7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.
  8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.
  9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Pinjaman, dan/atau Penerima Pinjaman wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut di atas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
    PT Dana Bagus Indonesia merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkan Hukum Republik Indonesia. Berdiri sebagai perusahaan yang telah diatur oleh dan dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia, Perusahaan menyediakan layanan interfacing sebagai penghubung pihak yang memberikan pinjaman dan pihak yang membutuhkan pinjaman meliputi pendanaan dari individu, organisasi, maupun badan hukum kepada individu atau badan hukum tertentu. Perusahaan tidak menyediakan segala bentuk saran atau rekomendasi pendanaan terkait pilihan-pilihan dalam situs ini.
    Isi dan materi yang tersedia pada situs DanaBagus/danabagus.id dimaksudkan untuk memberikan informasi dan tidak dianggap sebagai sebuah penawaran, permohonan, undangan, saran, maupun rekomendasi untuk menginvestasikan sekuritas, produk pasar modal, atau jasa keuangan lainya. Perusahaan dalam memberikan jasanya hanya terbatas pada fungsi administratif. Pendanaan dan pinjaman yang ditempatkan di rekening DanaBagus/danabagus.id adalah tidak dan tidak akan dianggap sebagai simpanan yang diselenggarakan oleh Perusahaan seperti diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan tentang Perbankan di Indonesia. Perusahaan atau setiap Direktur, Pegawai, Karyawan, Wakil, Afiliasi, atau Agen-Agennya tidak memiliki tanggung jawab terkait dengan setiap gangguan atau masalah yang terjadi atau yang dianggap terjadi yang disebabkan oleh minimnya persiapan atau publikasi dari materi yang tercantum pada situs Perusahaan.